Ulasan Pertanyaan masalah Kakao Daerah Aceh Pidie dan Masalah Lainnya



2.      Pada daerah pidie masyarakat menanam kakao di hutan
Pertanyaan, cocok tau tidak tanaman kakao di tanam di hutan tersebut dan apa kurang dari petani tersebut sumberdaya atau umumnya 

Daerah pidie merupakan daerah dengan perkebunan yang luas terutama untuk tanaman kakao. Kakao merupakan tanaman yang sangat cocok untuk daerah perhutanan pidie. Hal ini disebabkan oleh faktor lingkungan yang terjadi secara alami dimana tanaman memproduksi unsur hara secara alami yaitu dengan memanfaatkan daun yang berguguran dari tanaman yang tinggi yang jatuh ketanah kemudian di dekomposisi oleh mikrooganisme yang berada pada tanah selanjutnya terbentuklah unsur hara yang di butuhkan oleh tanaman kakao.

Kurangnya yang terjadi pada pertanaman kakao di areal hutan oleh petani yaitu dalam upaya perawatan, dimana petani kurang memperhatikan lingkungan tumbuhnya tanaman. Hal ini akan memicu terjadinya penyakit misalnya dari tanaman yang telah mati jika terkena penyakit yang disebabkan oleh cendawan maka apabila tidak dilakukan sanitasi atau memindahkan tanaman tersebut dari areal pertanaman penyakit tersebut akan cepat menyebar dan akan berdampak bagi tanaman kakao lainnya.

 Apa itu rorak ?? 

Rorak merupakan suatu cara dengan membuat lubang pada lahan minring, guna menahan dalam terjadinya erosi, ini juga bermanfaat sebagai tempat penyimpanan air apabila sewaktu-waaktu terjadi kekeringan pada areal lahan
Bagaimana jika tidak ada terasering ??

            Jika terasering tidak ada ini akan menyebabkan run off (aliran permukaan) akan besar, sehingga menyebabkan resiko terjadinya erosi lebih besar, ini juga memicu terjadinya banjir. Penyebabnya karena tanah tidak berdaya memnginfiltrasi air kedalam tanah.

1.      Bagaimana dampak terhadap tanaman kakao bila curah hujannya berlebihan ?? 

Dampak tanaman kakao apabila hujan berlebihan
Bila terjadi curah hujan yang berlebihan makan akan terjadinya busuk pada akar, yang disebabkan oleh ketidakmampuan tanaman dalam menyerap air yang tersedia secara berlebihan sehingga air tergenang. Hal ini juga menimbulkan penyakit pada tanaman, penyakit sangat menyukai lingkungan yang lembab sehingga memudahkan dia dalam berkembang biak, sehingga pertumbuhan tanaman akan terganggu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.