SPP-SPMA Saree Budidayakan Jamur Tiram


Jantho | Harian Aceh - Sejak beberapa tahun terakhir SPP-SPMA Saree, mulai  melakukan budidaya jamur tiram. Selain sebagai sarana tempat siswa melakukan praktek, dengan mengembangkan bisnis jamur tersebut manajemen sekolah percaya kedepan langkah dapat memajukan kesejahteraan siswa.

“Jamur tiram memiliki nilai gizi yang tinggi serta mengandung protein yang banyak. Selain menyehatkan jamur juga memberi keuntungan yang besar bagi para pelaku usahan ini,” ujar Kepala SPP-SPMA Saree, Maswadi.
Menurut Maswadi, budidaya jamur tiram yang dikembangkan oleh manajemen SPP-SPMA Saree itu terinspirasi dari mata pelajaran yang ada disekolah tersbut. Selain itu, juga terinspirasi dari pangsa pasar di wilayah Aceh Besar khususnya Saree yang masih memiliki potensial untuk mengembangkan usaha tersebut.
Apa lagi melihat di daerah Aceh Besar sendiri pengembangan bisnis budidaya jamur ini masih jarang ditemukan. “Hal inilah yang membuat manajemen Sekolah  segera bergerak untuk mengambil kesempatan membudidayakan jamur,” sebutnya.
Meskipun produksi yang dihasilkan masih berskala kecil, Maswadi menyebutkan, budidaya jamur yang dikembangkan siswanya itu sudah mampu menghasilkan jamur dengan kualitas bagus.
Untuk mengembangkan usaha jamur itu, lanjutnya, kedepan pihaknya akan meningkatkan jumlah produksi. “Sampai saat ini jamur yang dikembangkan oleh siswa ini sudah banyak yang pesan. Untuk itu, kedepan kami terus berupaya meningkatkan hasil produksi jamur dengan menambah kuantitas baglog jamur,” bebernya.
Untuk mewujutkan itu semua, Maswadi menuturkan, pihaknya membutuhkan dukungan dari pemerintah. “Kita berharap program ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Terutama untuk penambahan baglognya. Dengan demikian siswa pun dapat lebih mudah melakukan praktek,” harapnya, seraya mengatakan kedepan akan membuka gerai di sekolah yang dipimpinnya itu untuk menjual jamur yang diproduksi oleh anak didiknya.(mrz)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.